Monday, September 10, 2012

Kapulaga dan berbagai manfaatnya untuk mengobati penyakit, serta cara mengolahnya

Kapulaga berguna untuk mengatasi bau mulut, perut kembung, dan radang tenggorokan
Amomum Cardamomum

Kapulaga atau (Amomum Cardamomum) merupakan tanaman semak, termasuk dalam golongan rumput-rumputan dan tingginya kurang dari 1,5 meter. Kapulaga memiliki batang semu, bulat, dan membentuk anakan. Buah kapulaga berbentuk kotak, bulat dan melengkung serta berwarna putih kekuningan. Bagian Kapulaga yang dapat digunakan adalah buahnya.
Kandungan kimia pada buah kapulaga adalah sebagai berikut : minyak asiri, minyak lemak, zat pati, dan protein.

Berikut manfaat buah kapulaga dan cara mengolahnya
1.       Mengatasi Bau Mulut
Ambil sepuluh butir buah Kapulaga, segenggam daun pegagan, dan air secukupnya, kemudian dipipis. Minumlah ¼ gelas satu kali sehari, lebaih baik jika di pagi hari.Konsumsi minuman ini selama tujuh hari. Untuk pemeliharaan, diminum tiga kali semiggu.
2.       Perut Kembung dan mulas
Ambil 7 butir buah kapulaga dan 10 biji jati belanda,  kemudian di sangrai lalu ditumbuk kasar. Seduh dengan 100 ml air mendidih. Minumlah seperti teh, sehari sekali.
3.      Radang tenggorokan
Ambil 10 butir buah kapulaga, dan rimpang kunyit seberat 6 gram kemudian ditumbuk kasar. Seduhlah dengan 100 ml air mendidih. Minumlah pagi dan sore selama 7 hari.


Sekian Postingan saya kali ini, semoga isinya bermanfaat. Jika ada pertanyaan kriting dan saran, jangan lupa untuk meninggalkan komentar.

No comments:

Post a Comment